Daftar Lagu Dangdut Terpopuler Rhoma Irama

Koleksi dafta lagu dangdut terpopuler Rhoma Irama

Dengan senang hati, kali ini saya akan sajikan daftar lagu dangdut terpopuler Rhoma Irama di blog dangdut kita ini.  Namun saya hanya akan membahas berbagai alasan yang membuat penulis hanya memilih 10 tembang saja dari ratusan karya lagu populer bang haji, tidak menyertakan link download. Jika sobat ingin mendengarkan atau download, silakan cari di google, karena sudah banyak yang menyediakannya.

Inilah daftar koleksinya:
1. Gelandangan
2. Terajana
3. Judi
4. Bujangan
5. Ani
6. Kata Pujangga
7. Kegagalan Cinta
8. Begadang
9. Darah Muda
10. Malam Terakhir

Itulah 10 daftar lagu Dangdut terpopuler dari begitu banyaknya koleksi Rhoma Irama. Sebenarnya, koleksi lagu Rhoma itu rata-rata terkenal dan populer terutama bagi fans Soneta dan beliau, tapi berdasarkan pendapat pribadi saya hanya memasukkan 10 lagu yang terpopuler dari semua tembang populer dengan berbagai pengamatan. Inilah berbagai alasannya:

1. Gelandangan. Hingga saat ini, tembang ini masih sering terdengar di telinga kita, baik yang dinyanyikan oleh pengamen di pinggir jalan, dalam bus, terminal, pasar, stasiun dan sebagainya atau juga oleh para seniman profesional yang dilantunkan dari panggung ke panggung. Selain itu, tembang ini juga masih sering diminati atau direquest oleh penonton saat di kafe-kafe, radio dan pegelaran pentas lain. Salah satu yang membuat tembang ini tetap eksis hingga kini adalah kesederhanaan pada syair yang mudah dihapal, aransemen yang juga sederhana. Makna yang terkandung dalam syair tersebut juga sesuai dengan keadaan sosial ekonomi masyarakat. Top lirik dalam tembang tersebut adalah ".. Langit sebagai atap rumahku...dan bumi sebagai lantainya..."

2. Terajana. Hampir sama dengan Gelandangan, sampai saat ini masih sering terdengar di telinga kita. Meskipun ruang lingkupnya tak seluas Gelandangan, karena tembang ini jarang saya dengar dinyanyikan oleh pengamen di pinggir jalan, bus kota, terminal dan lain sebagainya. Satu keunggulan tembang ini adalah lebih sering dinyanyikan di layar kaca baik oleh artis Dangdut atau artis genre lain. Lagu ini juga memiliki syair sedikit dan sederhana sehingga mudah diingat. Top lirik dalam tembang ini " Karena asyiknya aku hingga tak kusadari pinggul bergoyang-goyang rasa ingin berdendang..."

3. Judi. Meski jarang dinyanyikan oleh para pengamen di pinggir jalan atau dinyanyikan oleh profesional di panggung atau kafe dan radio, tapi tembang ini sering dijadikan parodi lawak yang tampil di layar kaca. Selain itu, tembang ini juga menadai kemenangan Rhoma atas penguasa Orde Baru saat itu setelah selama 11 tahun tembang-tembang bang haji di larang tampil di media-media milik pemerintah seperti TVRI dan RRI. Kembalinya bang haji di televisi dan radio dengan menyanyikan lagu ini, jelas membuat penggemar beliau kembali bersorak sorai. Top lirik tembang ini adalah "..kalaupun kau menang, itu awal dari kekalahan...kalaupun kau kaya itu awal dari kemiskinan..."

4. Bujangan. Hampir sama dengan Judi. Setelah beliau tayang kembali di televisi (1988), masyarakat kembali dirindukan oleh sosok sang Raja. Karena setelah itu, beliau jarang tampil lagi di televisi. Penggemar pun bertanya-tanya, apakah beliau kembali dicekal?. Tidak, karena 3 tahun berikutnya, 1991 sang raja tampil lagi di televisi dengan album Bujangan soneta volume 16. Album ini merupakan album terakhir beliau untuk kategori series bersistem volume. Kehadiran beliau ternyata membawa tembang ini ke gerbang kesuksesan dan sering menjadi top tangga lagu di berbagai radio-radio. Meskipun syairnya terlalu panjang dan antara reff 1 dan reff 2 berbeda sehingga banyak yang sulit untuk menghapalnya, tapi aransemen musiknya membuat masyarakat jatuh hati pada tembang ini terutama pada suara serulingnya. Karena suara seruling yang hampir mirip seperti flute dan biasa digunakan untuk aliran bergenre blues, jazz, atau balada, oleh bang haji dijadikan aransemen Dangdut. Top lirik pada tembang ini adalah ".. katanya enak menjadi bujangan kemana-mana tidur sendirian hanya bantal guling sebagai teman..."

5. Bersambung...
Tag : Lagu, Original
0 Komentar untuk "Daftar Lagu Dangdut Terpopuler Rhoma Irama"

Back To Top